Menu

Rewind: 9 Masakan Favorit nanda di 2023


Halooo.. Selamat tahun baru 2024!! Bagaimana hari kedua ditahun 2024 ini? Sepertinya sudah memulai aktivitas seperti biasa ya? atau masih liburan mungkin? Semoga selalu sehat dan bahagia ya!


Kali ini mau rewind favorit masakan yang aku masak di 2023. Ada apa aja? Yuk mari dibahas:
 

 1. Ojingeo bokkeum
Ini merupakan salah satu jenis korean food yang akhirnya aku coba.. ojingeo bokkeum adalah jenis makanan laut berbahan dasar cumi yang ditumis dengan bumbu khusus. 
Sebenarnya bisa menggunakan pilihan daging lain, tapi karena namanya ojingeo (cumi) maka disini aku pakai cumi. Untuk taste nya lebih ke yang rasa cabe banget. sedangkan untuk perbedaanya lainnya ada di jenis sayur nya (menggunakan zucchini dan selada air). untuk lidah lokal kaya aku ini termasuk new experience karena aku jarang makan olahan selada air.

 2. Swedish meatball
Swedish meatball ini juga jenis makanan yang akhirnya aku bikin setelah sekian lama muter muter di otak aja.. Swedish meatball adalah salah satu jenis makanan populer dari swedia, biasanya makanan ini menjadi bagian dari makanan hari raya tradisional dan juga makanan rumah sehari-hari.
Gapernah gagal, mashed potato yang lembut di padukan dengan bola daging dan saus gravy nya yang creamy banget!
Fun fact, setelah 6 tahun aku baru berani bikin. Terakhir bikin di 2017 dan berujung masuk IGD karena alergi kumat (kandungan susu keju nya yang terlalu banyak) wkwk dasar aku 🤣

 3. So-tteok so-tteok
Masih edisi jajanan korea, ini cemilan yang enak tapi bikinnya simpel dan gaperlu banyak bahan. So-tteok so-tteok merupakan sosis dan tteokboki yang ditusuk dan dilumuri saus, lalu di grill sampai garing dengan rasa gurih pedas.
Kenapa ini istimewa di 2023? karena ini jadi salah satu menu out of the box aku waktu ikut challenge dan ga nyangka rasanya bakal seenak itu.

 4. Gochu crispy chicken with Sambal matah
Masakan ini ada saat aku ikut challenge dimana harus memasak paduan rasa Indonesia dan Korea. Waktu itu pikir apa yaaa masakan yang Indonesia banget tapi masuk di taste Korea.
Jadilah crispy chicken yang berbahan dasar gochujang dan sambal matah yang Indonesia banget. Disajikan menggunakan nasi hangat, rasanya enak banget seriuss!

 5. Prata dan Kari kambing
Kalau biasanya prata atau canai dipasangkan dengan kuah kari mungkin itu  sudah biasa ya.. Disini ini aku bikin kari kambing yang teksturnya sedikit kuah (nyemek). Not bad dan ini bisa jadi alternatif kalau sedang bosan yang itu itu ajaa..
Untuk roti prata nya aku beli instan di supermarket, aku panggang dengan margarin lalu aku tinggal bikin kuah kari kambing nya aja.
 

 6. Subway sandwich
Ini juga kebetulan sih. jadi saat sedang belanja, liat roti kaya subway gitu. Karena pingin subway tapi kok jauh (disolo engga ada) , kepikiran lah buat bikin sandwich ala subway ini..
Disini aku pakai isian chicken, smoked beef, keju slices dan oregano mayo. lebih enak lagi kalau ada letuce atau selada. tapi lagi ga pingin pakai sayuran haha~

 7. Mandu
Khusus menu yang satu ini bukan masakanku ya.. Ini secret recipe nya nad nad (adek aku). kalo lagi pingin gitu biasanya request dimasakin ini.
Isian mandu yang juicy dan bau wijen yang wangi ditambah kulitnya yang garing bikin rasanya enak. Apalagi kalau dicocol sama chili oilnya. Jjang! 💖

 8. Dakgangjeong
Dakgangjeong atau korean fried chicken masih jadi masakan favorit dari tahun ke tahun. Disini aku selalu bikin dari dada ayam yang dipotong dadu lalu pelengkapnya ada tteoboki & kentang goreng~
Kalau lagi ga mager, biasanya ganti kentang gorenganya dengan potato wedges.
 

 9. Takoyaki
Sebagai pecinta makanan dan jajanan jepang, Ini juga masih jajanan favorit yang bikinnya ga terlalu sulit. Yang penting ada stok takoyaki sauce dan katsoubushi pasti jadi.















Maaf banget ya udah lama ga tulis artikerl di blog. sekarang lagi suka bikin video masakan atau ga tulis artikel singkat di instagram. Next mau bahas apa lagi?

Mungkin itu aja sharing aku, hope you like it & keep makansamananda ✨️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Hi semua! Perkenalkan aku nanda.. seorang pekerja kantoran dan aku suka banget jajan dan cooking, Di blog "Makan sama Nanda" ini aku akan share tentang kegiatan aku kalo lagi jajan dan masak memasak.. Hope you like it!❤

Labels