Menu

Nandamasak: Swedish meatball

Hai, Selamat hari minggu! Bagaimana hari ini? Semoga akhir minggu ini selalu menyenangkan yaaa..

Beberapa waktu lalu, aku update vidio masak swedish meatball di Instagram reels aku. Terima kasih banyak ya respon baik nya..

Karena banyak yang tanya resepnya, hari ini aku mau share resep swedish meatball ala aku. Seperti kita tau swedish meatball adalah salah satu jenis makanan populer dari swedia, biasanya makanan ini menjadi bagian dari makanan hari raya tradisional dan juga makanan rumah sehari-hari. Di Indonesia sendiri, swedish meatball populer bisa kalian temui salah satu nya di IKEA.


Untuk komponen utama swedish meatball ada 3. Bola daging (meatball), mashed potato, dan gravy sauce.


Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Meatball

- 250gr Daging sapi giling

- 1 buah Bawang bombay

- 3 siung Bawang putih

- 4 Sdm Tepung roti

- 1 Sdm Tepung tapioka

- 1 butir Telur

- Sejumput Garam

- Blackpepper kasar secukupnya

- Parsley secukupnya

- Oregano secukupnya

- Olive oil secukupnya


Bahan Gravy sauce

- 1 buah Bawang bombay

- 1 Sdt Bubuk bawang putih

- 3 Sdm Tepung terigu

- 1 buah Kaldu blok

- 300ml Susu fullcream

- 1 Sdm Butter

- Parsley secukupnya

- Oregano secukupnya


Bahan Mashed potato

- 6 buah kentang

- 150ml Susu fullcream

- 150gr Keju mozarella

- 1 Sdt Lada putih halus

- Parsley secukupnya


Cara masak:

1. Pertama kita buat dulu bola daging (meatball) nya ya. Potong bawang bombay dan bawang putih



2. Panaskan olive oil, lalu masukan bawang bombay. Setelah layu, masukan bawang putih. Tumis hingga harum lalu sisihkan.



3. Siapkan daging giling, lalu masukan tepung roti



4. Masukan Bawang bombay & Bawang putih yang telah ditumis



5. Masukan Tepung tapioka, telur, garam, blackpepper, oregano, dan parsley. Aduk menjadi satu




6. Setelah adonan daging tercampur, bentuk bulatan sesuai selera. Kalau aku sengaja buat lebih pipih supaya lebih cepat matang ya..



7. Panaskan olive oil, lalu panggang daging hingga matang dan berwarna kecoklatan



8. Next kita buat gravy sauce nya. Masih menggunakan pan yang sama dengan memanggang daging, masukan butter



9. Masukan Bawang bombay yang telah potong, tumis hingga harum



10. Masukan tepung terigu, lalu tumis kembali



11. Masukan susu, bubuk bawang putih, kaldu blok, dan parsley. Aduk hingga merata



12. Gravy sauce nya sudah jadi! Warna kecoklatannya cantik sekalii..



13. Last, kita buat mashed potato! Panaskan air dan beri sedikit garam



14. Potong kentang menjadi dadu



15. Setelah air mendidih, masukan kentang. Tunggu higga melunak



16. Setelah lunak, tiriskan lalu tumbuk kentang. Disini kalian bisa tumbuk sesuai selera ya. Mau yang halus atau sedikit kasar. Kalau aku suka yang sedikit kasar supaya ada tekstur kentangnya



17. Setelah halus, masukan lada putih dan oregano



18. Masukan susu, nyalakan api kecil lalu aduk




19. Masukan keju mozarella yang telah diparut



20. Aduk kembali hingga meletup dan mashed potato selesai!



Naah setelah ketiga nya jadi, tinggal plating!

1. Taruh mashed potato setengah piring / Sesuai selera


2. Tambahkan bola daging


3. Siram bola dagingnya dengan gravy sauce dan tambahkan parsley diatasnya


Dan jadiii 🩷🩷🩷 Seriusan ini enak banget, paduan mashed potato nya yang lembut ditambah dengan bola daging yang disiram gravy sauce. Perfect!



Mungkin itu dulu yang bisa aku share, semoga bermanfaat dan aku tunggu recook dari kalian. Hope you like it and Keepmakansamananda! ✨️



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Hi semua! Perkenalkan aku nanda.. seorang pekerja kantoran dan aku suka banget jajan dan cooking, Di blog "Makan sama Nanda" ini aku akan share tentang kegiatan aku kalo lagi jajan dan masak memasak.. Hope you like it!❤

Labels